Kenali Dulu Alat-alatnya gym berikut ini

Bagaimana dengan latihan fitness perdanamu? Seru atau malah bingung? Tak jarang seseorang terlalu enggan untuk bertanya dan akhirnya mereka hanya menebak-nebak alat tersebut digunakan untuk apa dan sebagainya. Hal tersebut secara tidak langsung membuat kamu bingung harus memulai latihan dengan alat yang mana. Nah, daripada sibuk berkeliling dan mengamat-amati setiap alat yang ada di tempat gym, cermati saja berbagai informasi mengenali melalui alat berikut ini:

Adductor dan Abducctor

 

Kedua alat ini sebenarnya sangat mirip, namun memiliki fungsi yang berbeda. Adductor merupakan alat yang berfokus pada pengecilan paha dengan menghilangkan dan membakar lemak-lemaknya. Cara kerjanya sangat mudah, kamu cukup duduk tegak di adductor ini kemudian meletakkan kedua paha di belakang bagian bantalan, lalu menggerakkannya ke dalam. Sedangkan kalau Abductor, perbedaannya hanya ada pada bagian mana yang ingin kamu perbaiki. Abductor memiliki gerakan menekan paha ke luar sehingga bisa membuat otot paha jauh lebih kuat. Untuk kamu yang masih pemula, bisa kok memulainya dengan 3 set saja, di mana satu setnya terdiri dari 10 hingga 12 hitungan.

Leg curl

 

Kalau kamu ingin memiliki bagian belakang tubuh yang langsing dan berotot, maka alat satu ini bisa dijadikan pilihan. Leg curl bekerja dengan cara menarik otot kaki supaya merasakan kontraksi yang lebih baik. Cara memakainya, kamu tinggal berbaring tengkurap dengan tangan memegang pegangan yang ada di bagian bawah. Untuk kakinya, letakkan di belakang bantalan kemudian gerakkan kaki naik dan turun secara perlahan. Latihan yang satu ini harus dilakukan dengan perlahan supaya kamu bisa merasakan otot tubuh bagian belakang yang semakin kuat.

Chest incline

 

Duh, kesal sekali ya memang kalau ada lemak menggelambir di bagian lengan? Tapi tenang saja, lemak membandel tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan alat chest incline. Alat satu ini cukup sederhana, kamu hanya tinggal duduk di kursi yang tersedia, kemudian letakkan tanganmu di bagian pegangan yang ada di sisi kiri dan kanan. Gerakkan tangan sambil mendorong alat tersebut selama beberapa kali. Jika dilakukan dengan rutin, dijamin kamu bisa memperoleh hasil yang memuaskan dengan lengan ramping dan kencang.

Sit dumbell cateral

seblum bermain kenali dulu alat gmy nya

Kamu pasti sudah sering menyaksikan gym ball alias bola gym yang biasanya diletakkan begitu saja di area gym. Bola ini bukan sekedar hiasan bukan juga ditujukan untuk permainan tertentu. Gym ball sejatinya bisa digunakan untuk berbagai jenis latihan berbeda. Salah satunya adalah untuk mengecangkan otot bagian pundak dan bahu. Untuk gerakan satu ini, kamu bisa mengambil posisi push up dengan bagian kaki berada di atas bola. Sedangkan kedua tangan harus bertumpu sempurna di atas lantai.

Masih ada banyak sekali alat yang ada di gym, seperti treadmill, press down machine, hingga biceps curl machine. Setiap alat memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Untuk latihan pertama, tak ada salahnya bertanya dulu kepada orang-orang yang ada di sana mengenai cara pakai alat yang ada supaya tidak mengalami cedera.