Cara Terbaik Memaksimalkan Pembentukan Otot

Dalam olahraga lainnya, kamu mungkin bisa langsung beristirahat usai beraktivitas. Tapi tidak demikian halnya dengan ngegym, terutama yang bertujuan membentuk otot. Setelah ngegym selesai, kamu masih dihariskan melakukan sederet hal supaya hasil yang dicapai nantinya lebih maksimal.

Perlunya Menjaga Kesehatan Saat Gym

Tapi tenang saja, yang harus kamu lakukan bukan hal-hal berat, kok. Simak informasinya berikut ini:

Jangan pernah menyepelekan kebutuhan makanan setelah ngegym

pembentukan otot

Kamu mungkin berpikir kalau ngegym dan makanan sama sekali tidak ada hubungannya. Padahal, makanan dan gym sangat berperan satu sama lain dalam membuat tubuhmu lebih ideal. Sebelum ngegym, kamu diharuskan mengonsumsi makanan sebagai sumber tenaga yang cukup. Setelah ngegym dan sedang lapar-laparnya, kamu tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan yang diinginkan. Kamu harus fokus pada makanan penuh protein yang proses memasaknya tidak melalui penggorengan dengan banyak minyak. Selain itu, kamu juga harus menyantap makanan tinggi potassium seperti pisang. Pottasium sendiri akan membantu perkembangan otot tubuh seperti halnya sodium dan mineral. Kerjasama dari ketiganya akan menjadikan otot tubuhmu lebih jadi.

Tidur cukup setiap malam

membantu proses pembentukan otot
jika seharian anda telah banyak memutar otak atau sibuk dengan pekerjaan , luangkan waktu untuk istirahat terlebih dahulu

Wah, yang ini malah tidak ada hubungannya dengan ngegym! Kamu mungkin akan berpikir seperti itu, tapi sebenarnya gym sendiri merupakan tempat untuk melakukan aktivitas yang berat sehingga dibutuhkan stamina yang maksimal. Lalu dari mana stamina tersebut berasal? Selain dari makanan, stamina tersebut juga didapatkan dari istirahat yang cukup di malam hari. Ya, saat kamu sedang aktif ngegym sampai beberapa kali setiap minggu, jangan pernah meremehkan kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Setiap harinya, minimal kamu harus tidur selama 7 jam dengan kualitas yang baik. Jika kurang dari itu, maka staminamu juga tidak akan maksimal sehingga pembentukan otot tidak berjalan dengan baik.

Melakukan latihan pendukung di sela aktivitas ngegym

Saat ngegym, kamu tentu berlatih dengan alat-alat yang memang digunakan untuk membentuk otot tubuh dengan baik. Nah, di hari libur ngegym, kamu sebenarnya tidak bisa melepaskan diri begitu saja. Untuk menjaga supaya otot tetap kekar dan berisi, kamu perlu melakukan latihan pendukung di sela aktivitas ngegym, seperti mengangkat barbel. Tak perlu melakukan angkatan yang berat, barbet dengan berat masing-masing 5 kg saja sudah bisa dijadikan latihan yang baik. Kamu juga bisa memperbanyak berjalan dan berlari di sela kegiatan sehari-hari untuk memaksimalkan pembentukan otot.

Hindari stres

Kalau kamu memasang target yang terlalu tinggi, menggantungkan harapan yang tidak realistis, dan ingin hasil yang cepat, secara tidak langsung kamu akan stres jika semua itu tidak tercapat. Ngegym jelas akan memberikan hasil yang baik, asal kamu sabar menunggu hasilnya. Jangan sampai kamu membebani diri dengan target tidak masuk akal yang malah akan memunculkan rasa stres. Kalau sudah stres, kamu sendiri yang akan rugi karena enggan meneruskan olahraga di gym.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu bisa mendapatkan otot tubuh idaman dalam waktu lebih cepat dan efektif. Semoga berhasil, ya!